Download

Menggali Potensi Jurnalis,Kwarnas Gelar Lomba Video Reportase di LT-V

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Lomba Tingkat Lima (LT-V) Gerakan tak lama lagi segera digelar. Sebanyak 528 Pramuka Penggalang terbaik dari seluruh penjuru Indonesia bakal diminta membuat video reportase yang unik, menarik, dan inspiratif dalam lomba ini.

Pembuatan video reportase menjadi tantangan sendiri bagi peserta dalam upaya memperdalam dunia jurnalistik dan membuat konten digital yang inspiratif.

“Salah satu tantangan yang harus bisa dilakukan oleh peserta LT-V adalah bagaimana bisa membuat video reportase yang baik dan benar, serta unik, inspiratif,” ujar Wakil Ketua Kwarnas Bidang Binawasa, Kak Susi Yuliati, di Jakarta, Senin (15/10).

Pembuatan video reportase ini, kata dia, juga merupakan bagian dari implementasi dari semboyan Kwarnas “Setiap Pramuka adalah Kantor Berita.” Dengan LT-V ini kemampuan mereka dalam membuat video reportase yang menarik diuji.

“Lomba ini sekaligus untuk mengimplementasikan semboyan ‘Setiap Pramuka adalah Kantor Berita.’ Tentu saya yakin Pramuka punya kemampuan itu,” jelasnya.

Optimisme Kak Susi cukup beralasan. Pasalnya, beberapa waktu lalu Kwarnas mengadakan lomba reportase yang diikuti oleh Pramuka dari seluruh Indonesia. Hasilnya sangat menggembirakan, banyak video menarik dan inspiratif yang dibuat oleh adik-adik Pramuka. Juara satu lomba itu diraih seorang Pramuka Siaga asal Bangkalan, Jawa Timur.

“Kalau anak SD saja bisa jadi juara, saya yakin adik-adik Penggalang yang mengikuti kegiatan LT-V juga bisa melakukan hal yang sama, atau bahkan lebih,” jelasnya.

Untuk itu Kak Susi meminta semua peserta mempersiapkan segala hl sebelum mengikuti LT-V. Harapannya, melalui kegiatan ini lahir karya-karya baru yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

LT-V 2017 diikuti regu Pramuka Penggalang terbaik dari setiap Kwarda Gerakan Pramuka seluruh Indonesia. Mereka adalah para pemenang atau regu berprestasi tinggi dari LT-IV yang diadakan masing-masing Kwarda.
Setiap Kwarda mengirimkan regu Putra dan Putri dengan delapan anggota masing-masing regu. Kegiatan ini akan dibuka oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, pada 22-28 Oktober 2017. (HA/AK)

0 Response to "Menggali Potensi Jurnalis,Kwarnas Gelar Lomba Video Reportase di LT-V"

Post a Comment

Artikel Terbaru